Perlukah Menggunakan Server Untuk Kebutuhan Website ?

Perlukah Menggunakan Server Untuk Kebutuhan Website ?

Bicara Server untuk kebutuhan Website sebenernya penting ga penting sih, tergantung seberapa besar resource yang dibutuhkan oleh website tersebut agar bisa berjalan normal untuk kebutuhan website itu sendiri.

Jadi Sebenarnya, Perlukah Menggunakan Server Untuk Kebutuhan Website ?

Mari kita ulas sedikit yah.

Perbedaan antara Server (Cloud VPS) dan Shared Hosting

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service) tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama, Sudah faham yah…

Apakah Shared Hosting ini bukan server ??? jadi begini… coba disimak baik-baik berdasarkan penjelasan perbedaan Cloud VPS dan Shared Hosting diatas. simple nya saya jelasin seperti berikut :

Cloud VPS / Dedicated Server diinstallkan Aplikasi WebPanel (sebuah software untuk management Website) katakanlah cPanel, kemudian didalam aplikasi tersebut kita bisa membuat akun untuk diakses oleh pengguna yang kemudian bisa digunakan oleh pengguna tersebut untuk memanajemen website yang dimiliki nya.

setiap user atau pengguna tersebut masing-masing memiliki akses untuk memasang beberapa website didalam akun mereka, didalam server yang sudah dipasang aplikasi webpanel (cPanel) ini biasanya akan ada banyak akun, ini yang disebut dengan shared hosting.

Sudah faham ??? yes, Shared Hosting dan Cloud VPS ini sebenernya sama-sama server. Akan tetapi secara performa sudah jelas perbedaan nya.

Cloud Server biasanya digunakan secara Individu dan resource nya pun besar untuk ukuran kebutuhan website standard. sedangkan Shared Hosting ini akun yang dibuat didalam Server dan di Installkan Aplikasi Web Panel dan dipakai Secara Bersama-sama.

Beberapa Faktor pemilik website beralih menggunakan Cloud VPS (Server)

Ada beberapa alasan kenapa pemilik website itu beralih menggunakan Cloud VPS ketimbang tetap menggunakan layanan Shared Hosting yang sudah dimiliki, bukan sekedar gaya-gayaan atau biar dibilang keren beralih menggunakan Server.

  1. Support Penyedia Hosting Lelet !
    Ini sebenarnya masalah yang paling sering saya alami dulu, pada saat saya masih terbiasa mengandalkan layanan Shared Hosting untuk kebutuhan Website Bisnis saya.

    Disaat saya mengalami kendala error yang terjadi pada website, dimana masalah tersebut harus dikonsultasikan dengan layanan penyedia hosting. tapi respond atau balasan dan tanggapan support ini lama. bahkan kadang jawaban nya tidak memuaskan dan tidak memberikan solusi.

  2. Website Lemot, Kena Imbas Website tetangga yang makan Resource tinggi
    Nah ini juga jadi masalah besar nih… ibarat nya, hosting ini sama dengan Kamar Kos-Kosan… 1 kamar ini diisi oleh beberapa penghuni, jika ada 1 penguni yang rese atau bikin gaduh, maka teman sekamar akan merasa terganggu.

    Misalkan : 1 kamar kos ada 4 orang, 1 diantaranya belagak sok reman… cari gaduh diluar kemudian diincer orang, ketauan kalau nginep nya dikosan yang sama dengan kita, akhirnya diburu sampai ke kamar kos, otomatis penghuni kamar kosan lainnya kena imbas dari perbuatan 1 orang tadi.

    Contoh kedua : 1 kamar kos, katakanlah jatah listriknya itu sekian ratus watt, kemudian salah satu penghuni menggunakan banyak peralatan elektronik. TV, Kipas Angin, Komputer, Tape, dan segala macam. logikanya listrik tekor ke 1 orang tersebut, temen sekamar nya terganggu kan???

    simple nya seperti itu, jika diibaratkan Shared Hosting hubungannya itu ke resource CPU, Memory, Bandwidth dan segala macam. (Sudah Faham???)

  3. Pengunjung Website (Traffic) Membludak
    Jika anda adalah penjual Online, yang memanfaatkan Iklan sebagai sumber traffic maka sudah dipastikan website anda akan dibanjiri traffic yang lumayan ramai.Karenanya, sudah pasti pengaruh terhadap performa akses website yang anda miliki.

    ini fakta, sudah banyak beberapa pebisnis online yang migrasi menggunakan Layanan Managed Website yang saya sediakan.

  4. Menggunakan Layanan Shared Hosting, Rawan terserang Malware
    Percaya atau tidak, software webpanel ini lebih rawan diserang virus, malware, backdor, trojan dan segalam macam bentuk dan namanya.

    semakin canggih system, maka semakin banyak celah yang bisa disusupi oleh pelaku kejahatan online (Cyber Crime) *_* ini bahasa apa yah…

    Ilustrasinya begini : Semakin Besar dan mewah sebuah rumah, maka sudah pasti makin banyak pintu dan jendela serta Ventilasi yang tersedia.

    tujuannya utuk memudahkan akses, dan membuat rumah tersebut kelihatan bagus dan indah dipandang.

    Tapi sadarkah kita bahwa semakin banyak juga peluang MALING untuk mengakses pintu masuk kerumah tersebut, begitu juga layaknya aplikasi webpanel.

  5. Menggunakan Cloud VPS lebih mudah dioptimasi untuk kecepatan Website.
    tidak perlu dijelaskan panjang lebar kalau masalah ini, berdasarkan pengertian dan fungsi nya saja sudah jelas lebih tinggi resource yang dimiliki.

itulah beberapa alasan kecil, kenapa pemilik website beralih menggunakan Cloud VPS dan Meninggalkan layanan Shared Hosting.

Perlukah Menggunakan Server Untuk Kebutuhan Website

Jika anda mengalami salah satu atau bahkan semua yang saya tuliskan diatas, maka saran saya anda sudah HARUS MENGGUNAKAN Cloud VPS  jika memang anda menggunakan Website yang anda miliki untuk tujuan bisnis dan menghasilkan Income.

Jika anda tidak faham bagaimana cara mengelola Server, anda cukup akses Belajar Server dan mulai belajar disana. materi lengkap dan terupdate. tapi kalau seandainya anda tidak punya waktu untuk urusan tehnis setting server, anda bisa gunakan jasa Manage Server yang saya  sediakan, untuk detailnya silahkan Kontak saya.

itulah beberapa penjelasan dari saya tentang Perlukan Menggunakan Server Untuk Kebutuhan Website, kembali lagi seberapa penting website yang anda miliki untuk sumber penghasilan anda.

PS : Silahkan Share jika artikel ini ada manfaatnya untuk anda, dan mungkin teman anda.