Alasan Menggunakan VPS

Alasan Menggunakan VPS

Dalam mengelola website, diperlukan beberapa komponen yang punya banyak fungsi. Salah satunya adalah VPS. Sebelum mengetahui tentang alasan menggunakan VPS, maka perlu diketahui terlebih dahulu tentang pengertian dan cara menggunakan VPS.

Pengertian VPS

Secara sederhana, VPS atau Virtual Private Server adalah suatu server yang hanya dimanfaatkan oleh satu pihak saja. Jadi, sifatnya memang benar-benar private. Cara menggunakan VPS untuk hosting banyak dicari oleh pengelola website. Tujuannya adalah agar bisa menghandle seluruh sumber dan melakukan semua inovasi secara total.

Cara Menggunakan VPS di PC

Setelah mengetahui tentang pengertian dari VPS, selanjutnya yang harus diketahui adalah cara menggunakan VPS baik melalui PC maupun android. Untuk penggunaannya di PC, maka langkah yang pertama adalah masuk ke VPS melalui akses Secure Shell atau SSH.

Cara menggunakan VPS windows yang berikutnya adalah melakukan pembaruan server. Kemudian, daftarlah new account dengan mengubah privilege untuk akses tersebut. Klik otentikasi kunci umum dan kemudian lakukan pengesetan untuk VPSnya.

Cara Menggunakan VPS di Android

Jika ingin melakukan cara menggunakan VPS di Anroid, maka gunakan software yang bernama ConnectBot. Setelah diunduh maka selanjutnya adalah mengklik persetujuan untuk menjalankannya pada Android. Klik bagian next hingga akhir. Jika ada menu dropdown maka pilih SSH.

Setelah itu, cara menggunakan VPS untuk SSH yang selanjutnya adalah memasukkan kode root@nomorIP:22. Dimana nomorIP adalah sesuai masing-masing jaringan. Apabila ada pertanyaan untuk melanjutkan, klik pilihan “yes”.

Anda membutuhkan password yang harus diketikkan di kolom VPS, maka masukkan kode yang sesuai dengan akun Anda. Karena sangat mudah dilakukan, inilah alasan menggunakan VPS baik di PC maupun Android yang paling kuat. Anda tinggal menunggu tulisan root@namaserver:~# yang akan muncul pada bagian atas layar.

Kesimpulan: Inilah Alasan Menggunakan VPS

Jadi, setelah mengetahui tentang pengertian dan cara menggunakan VPS, maka dapat disimpulkan bahwa layanan ini memang sangat mudah dan menguntungkan. Adapun beberapa alasan menggunakan VPS jika diperinci secara detail adalah sebagai berikut:

  1. Bisa Diakses Kapanpun

Karena menggunakan sistem real time, maka website yang menggunakan VPS akan bisa mengelola 24/7 atau all day long. Kadang meskipun kita mengelola website, adakalanya kita tentu merasa jenuh atau lelah. Apalagi jika ada pekerjaan lain yang menyita waktu. Oleh karena itu, alasan menggunakan VPS yang penting adalah fleksibel terhadap waktu.

  1. Dapat Dikembangkan Semaksimal Mungkin

Alasan menggunakan VPS yang kedua adalah bisa mengatur dan mengelola semaksimal mungkin. Seperti namanya, karena sifatnya yang private, maka Anda akan dapat mengembangkan website sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing. Apalagi jika websitenya ingin dibuat anti mainstream dengan berbagai ornamen yang unik.

  1. Bisa Menggunakan OS Apa Saja

Kelenturan VPS ternyata tidak hanya berkaitan dengan waktu, tetapi juga OS. Sistem dapur pacu akan mempengaruhi server apabila tidak sinkron. Dengan demikian diperlukan  server yang lebih lentur terhadap apapun jenis OS nya. Bahkan, ada berbagai cara menggunakan VPS untuk internet gratis yang dapat Anda lakukan.

Itulah tadi berbagai informasi tentang pengertian, cara dan alasan menggunakan VPS. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan kustomisasi website dan segala kelengkapannya, maka hubungi saya, ZULFIANTO yang aktif mengelola website  e-jasa.id. Dengan berada di bawah legalitas CV. ELQO DUTA MANDIRI maka kami siap membantu Anda semaksimal mungkin dengan harga terjangkau.